Rabu, 23 Desember 2015

Multiple akun di 99designs, siap-siap di suspend

Lagi-lagi membahas seputar 99designs, kali ini saya akan berbagi cerita mengenai akun 99designs yang di banned atau di suspend gara-gara ketahuan memiliki akun lebih dari satu.

Jujur, seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa saya sudah tidak aktif di 99designs lebih dari 6 bulan  yang lalu [Baca: Selamat tinggal 99designs], bahkan saya masih ingat terakhir kali payout pada bulan September 2014, itupun untuk kontes yang sebelumnya pernah di held selama 6 bulan.

Namun terkadang saya melempar beberapa desain pada sebuah kontes (iseng + berharap aja), ada feedback atau rating signifikan lanjutin, ga ada feedbak ya biarin :D.

Oke, kita kembali ke topik bahasan mengenai akun 99designs yang di suspend gara gara multiple akun

Kenapa harus Multiple akun di 99designs?

Seperti kebanyakan perusahaan besar lainnya yang berkaitan dengan service dan transaksi, 99designs pun melakukan kebijakan yang sama jika terdapat kecurangan dalam keanggotaannya.

Meski memiliki Multiple Account, akun ganda atau akun banyak pada awalnya hanya sekedar untuk backup saja untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga namun tidak sedikit dari mereka yang memiliki akun banyak malah menggunakan akun tersebut untuk mengikuti kontes yang sama. Bisa dikatakan ini sebagai trik agar cepat menang di 99design.

Bisa dibayangkan jika ke 6 finalis dalam kontes 99designs semuanya adalah pemilik yang sama / Multiple akun. hehe....

Multiple akun 99designs akan di suspend

Banyak akun di 99designs, siap-siap di suspendIni adalah cerita seorang desainer yang aktif di 99designs dimana dia mengetahui 99designs atas saran saya pada waktu itu, diapun telah memiliki banyak kemenangan dalam berbagai kontes yang diikutinya.

Hingga saat ini komunikasi antara kami terjalin baik, meski demikian kami tidak pernah membahas mengenai kepemilikan akun ganda di 99design.

Meski telah nonaktif di 99designs, akun saya yang masih juga belum platinum sampai saat ini masih aktif dan verified dan hanya digunakan sekedar untuk mengecek desain jika ada sahabat yang minta pendapat tentang desain yang dikirimkannya ke 99designs.

Akun 99designs di banned / suspended, bagaimana cara mengatasinya?

Nah, cerita seorang desainer tersebut adalah mengenai bagaimana cara menangani akun yang disuspend. Sayapun mengatakan padanya jika suspend-sementara paling nunggu beberapa hari agar bisa kembali ikutan kontes.

Namun yang membuat saya heran adalah ketika dia mengatakan "Seluruh akun saya di suspend", hah.. seluruh akun? lalu saya katakan padanya perihal berapa banyak akun ganda yang dia miliki.

Diapun menyebutkan ada 6 akun disertai url-nya, dan setelah saya cek url tersebut memang benar, akun-akun tersebut telah di suspend.

Dia juga mengatakan bahwa salah satu akun dari multiple accountnya ada yang sedang dalam proses handover untuk prize $450, weleh.. sayang banget tuh.

Alasan akun 99designs di suspend

Untuk kasus sahabat saya ini dimana seluruh akun 99designs nya dibanned saya sendiri kurang begitu mengetahui apakah multi akunnya itu digunakan untuk tindakan curang atau tidak?.

Saya berpikir jika multi akun digunakan untuk setiap kategori kontes saja sepertinya akan lebih rapi dalam folio, misalnya akun A hanya untuk kontes Website, Akun B untuk Kontes logo dan akun C untuk kontes Banner ads.

Namun jika memiliki akun ganda lalu semuanya masuk dalam kontes yang sama dengan harapan semakin banyak peluang memenangkan sebuah kontes, jelas saja ini melanggar.

Selain itu ada banyak hal yang bisa diketahui bagaimana seseorang memiliki akun ganda, salah satu yang paling jelas adalah dapat dilacak melalui IP Address komputer pengguna.

So then... keep sportif bro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar