Sabtu, 03 Oktober 2015

Perbandingan Game Console menggunakan Hardisk

Beberapa hari yang lalu anak saya ingin memiliki Game Consol Play Station 2 atau PS2, entahlah kenapa dia menginginkan perangkat permainan tersebut.

Mungkin ini tidak patut di contoh oleh orang tua lainnya, meski demikian saya membelikan Consol Game PS2 untuk anak saya dengan tujuan agar anak makin merasa betah di rumah untuk menghindari pengaruh yang tidak diinginkan dari pergaulan anak-anak dilingkungan tempat tinggal saya.

Membeli PS2 bekas dengan Hardisk USB atau SUB HDD

Saya menemukan penjual PS2 di sebuah website jual beli, kebetulan saat itu harga termurah tertuju pada Consol game PS2 dengan USB HDD, saya pun mendatangi alamat penjual tersebut dan deal harganya adalah 650rb dengan spesifikasi sebagai berikut :
  1. Consol Game PS2 tebal menggunakan Hardisk External (USB HDD) 80gb
  2. 2 buah Stick + Dus
Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya membeli PS2, bahkan saya mengetahui persis bagaimana sensasi menggunakan PS2 Optik, PS2 Hardisk dan PS2 USB HDD.

Berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan menggunakan PS2 dengan berbagai media reader

PS2 Optik atau Original

Selain harganya yang masih mahal, memilih PS2 orisinil menggunakan DVD Room / optik memiliki kelebihan dalam memilih game yang diinginkan, dan kekurangannya adalah sedikit boros dalam pengeluaran uang untuk membeli tiap games, selain itu umumnya anak anak kurang bisa merawat kondisi kepingan DVD Game sehingga game mudah rusak.

PS2 Hardisk

PS2 Hardisk atau banyak yang menyebutnya dengan PS2 Matrik memang memiliki kelebihan tersendiri, harganyapun biasanya lebih murah daripada PS2 Optik karena telah mengalami beberapa modifikasi.

Kelebihan dari PS2 Hardisk adalah lebih hemat dalam pembelian Games, namun ketika ada game baru terkadang sedikit kesulitan karena harus menggunakan jasa pihak ketiga agar games dapat masuk ke Hardisk

PS2 USB HDD

PS2 USB HDD memang lebih murah lagi, fungsinya hampir sama dengan PS2 Hardisk, namun lebih memiliki banyak kekurangan seperti adanya fragmentasi game, loading yang lambat serta sering terjadinya gangguan pada game terutama jika sudah menambah atau menghapus list game pada USB hdd tersebut. Ada teknik khusus agar setiap game dalam USB HDD dapat berfungsi secara normal

Tips memilih Consol Game Play Station 2 atau PS2

Semoga saja pengalaman saya ini menjadi wawasan bagi anda yang hendak membelikan consol game untuk anak kesayangan, jika anak kurang memahami fungsi PS2 hardisk dan USB HDD sebaiknya pilih PS2 Original yang masih menggunakan Optik agar tidak banyak mengatakan "Knapa begini, ini gimana sih, kok begini sih atau Ayaaahhh... kok game nya gak jalan"

Mengenai mana yang lebih bagus diantara ketiganya adalah tergantung dari si pengguna itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar