Minggu, 18 Oktober 2015

Ulaunchelf, MCBoot PS2 USB HDD Tanpa Optik

Bagi anda yang mencari cara membuat McBoot di PS2 tanpa optik, tanpa Modchip Matrix dan tanpa Memory lainnya, singkatnya... anda mencari cara membuat McBoot cukup menggunakan 1 buah Flashdisk dan 1 Memory yang akan digukanan sebagai McBoot, berikut ini ulasan saya.

Cara membuat dan menjalankan  Ulaunch, MCBoot PS2 USB HDD Tanpa OptikBanyak sekali artikel membingungkan tentang Cara membuat free McBoot di PS2 menggunakan Flashdisk, semua artikel yang ditemukan isinya hampir sama. Ya, kupikir semudah yang kukira, cukup menggunakan 1 flashdsik dan 1 memory card.

Beberapa hari yang lalu saya membeli sebuah PS2 (Play Station 2) bekas untuk anak saya agar betah dirumah, kebetulan menemukan penjual yang sepertinya sedang memerlukan uang instant dan PS2 pun saya dapat dengan harga yang cukup murah.

Booting menggunakan Free McBoot namun tidak terlihat ada memory card yang menancap, ini berarti memorycardnya sudah tertanam didalam console PS2 tersebut, sedikit rumit sebenarnya jika mengetahui hal ini, karena jika terjadi Error pada McBoot nya tentu saja ini akan jadi repot karena harus membongkar consol ps2 tersebut.

Benar saja, beberapa minggu kemudian MCboot tersebut mengalami error, dan sedihlah anak saya jadinya. Tentu saja ini harus segera diperbaiki, namun masalahnya adalah :

Bisakah meperbaiki McBoot tanpa menggunakan DVD room atau PS2 tanpa optik?

Kasusnya begini : 
  1. Saya punya Console PS2 yang tidak ada Optiknya, beli bekas dan bootingnya pake MCBoot
  2. Punya Hardisk USB dan juga USB Disk untuk menyimpan Game
  3. Punya MCBoot tapi error, atau punya MMC Baru untuk dibuat MCboot
Nah, bisakah memperbaiki MCBoot yang error itu? atau menginstall MCBoot pada MMC baru dengan kondisi seperti diatas? Saya katakan Tidak Bisa!

Sebenarnya bisa saja, cuma harus memiliki Console PS2 yang bisa booting atau punya MMC lain yang sudah terinstall McBoot.

Setelah mencari informasi kesana kemari ternyata untuk membuat McBoot memang memerlukan uLaunch yang bisa dijalankan melalui DVD room Ps2, artinya ps2 tersebut harus memiliki optik yang masih baik. Dan masalahnya PS2 milik tidak memiliki Optik.

Bisakah menjalankan uLaunc langsung dari flashdisk?

uLaunc adalah sebuah software yang dijalankan pada consol PS2, berfungsi untuk memanajeman data dari Hardisk, Flashdisk dan memory Card, dan ini biasanya digunakan untuk membuat MCBoot pada memory yang kosong atau untuk membuat ulang McBoot pada memory yang sudah terinstall McBoot sebelumnya.

Ya, saya pun mencari hal itu, bisakan menjalankan uLaunc tanpa menggunakan CD pada mesin PS2 yang tidak terpasang ModChip MAtrix?, jawabannya adalah TIDAK BISA. dan pertanyaan terakhir adalah...

Cara membuat McBoot tanpa Optik dan Tanpa Modchip ?

Benar sekali, ingin rasanya menemukan sebuah cara membuat McBoot pada PS2 yang tidak memiliki DVD room atau tanpa optik serta pada PS2 yang tidak dipasangi Modchip Matrix.

Untuk membuat atau memperbaiki McBoot tanpa Optik dan tanpa Modchip, Bayangan saya kira kira seperti ini :
  1. Download Free McBoot nya
  2. Lalu copy file yang sudah didowload tersebbut Ke Flashdisk
  3. Nyalakan PS2 dan colokan Flasdisk yang sudah terisi file McBoot lalu pilih "Browse" 
  4. Masukan juga MEmory Card yang akan dijadikan McBoot
  5. Selanjutnya akan muncul data yang ada dalam flashdisk
  6. Copy file McBoot ke Memory Card, tunggu hingga selesai.
  7. Setelah selesai, matikan PS2, cabut flashdisk dan biarkan memory card
  8. Nyalakan kembali PS2 dengan Booting langsung dari Memory card dengan Free MC bootnya
Bisakah seperti itu?

Membuat McBoot dari Flashdisk

Dari 8 point diatas, yang tidak bisa dilakukan adalah point nomor 5 dan 6, untuk bisa melakukan hal itu tentu saja yang diperlukan adalah software uLaunc seperti dikatakan diatas yang berfungsi sebagai manajemen data, dan jika demikian maka PS2 tersebut harus memiliki Optik yang baik. Atau mesin PS2 harus terpasang Modchip Matrix.

Berapa Harga Beli McBoot di toko game

Jika Optik masih Baik dan mesin PS2 dipasangi modchip matrix, buat apa susah payah bikin McBoot, kalo buat usaha sih oke oke saja, tapi kalo buat pribadi dengan biaya minim sepertinya gak harus dilakukan, mendingan langsung aja beli memory card yang sudah terinstal McBoot, harganya paling sekitar 30-60ribu rupiah meski biasanya mereka menjual 1 paket beserta Flashdisk nya, tapi... katakan saja bahwa flashdisknya sudah ada. Dengan demikian gak harus repot bongkar pasang consol PS2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar