Rabu, 20 April 2016

Siapa Sosok Pemilik Tokopedia?


Tokopedia merupakan salah satu mall online di Indonesia dengan model bisnis marketplace dan mall online. Di Tokopedia setiap individu, toko kecil dan brand dapat membuka dan mengelola toko online. Sejak dilaunching hingga akhir tahun 2015, layanan di Tokopedia dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

Toko online yang digagas oleh entrepreneur muda Indonesia, William Tanuwijaya ini memiliki visi “Membangun Indonesia yang Lebih Baik lewat Internet” dan mempunyai program untuk mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) serta perorangan mengembangkan usahanya dengan memasarkan produk mereka secara online.

Tokopedia.com diluncurkan secara resmi kepada publik pada tanggal 17 Agustus 2009 dibawah naungan PT. Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Sejak diluncurkan Tokopedia telah menjadi salah satu perusahaan internet di Indonesia yang maju pesat.





Yang unik dari Tokopedia adalah sistem pembayaran yang menggunakan sistem Rekening Bersama atau escrow. Tokopedia berperan sebagai pihak ketiga yang menengahi antara penjual dan pembeli guna mengurangi terjadinya penipuan yang sering terjadi dalam jual beli barang secara online. Ada 5 metode pembayaran yang dapat digunakan bertransaksi secara aman di Tokopedia, yakni Saldo Tokopedia, Transfer Bank serta pembayaran instan seperti mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash dan BCA KlikPay. Pada pertengahan tahun 2015, Tokopedia juga bekerja sama dengan Indomaret untuk melakukan pembayaran.

Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya lahir di kota PematangSiantar pada tanggal 18 September 1981. Setelah lulus SMA dia melanjutkan kuliah di Universitas Bina Nusantara ( BINUS ) Jakarta. Sejak kuliah William berusaha untuk mandiri membiayai kuliah dan hidupnya dengan bekerja sambilan. Di semester dua masa kuliahnya, William bekerja sebagai penjaga warnet dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi.

Setelah lulus William sempat bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembangan software. Ide Tokopedia muncul ketika William menjadi moderator dalam forum online KafeGaul yang memiliki fasilitas jual beli pada tahun 2007. Tokopedia kelak akan menjadi sebuah pasar online atau e-commerse tempat bertemunya penjual dan pembeli dari seluruh Indonesia sekaligus sebagai perantara jual beli online yang aman bagi penggunanya.

Awalnya William mendapatkan modal dari atasannya di perusahaan pengembangan soft ware tersebut, bahkan William juga aktif mencari investor. Meski sempat diragukan, namun William yakin bahwa idenya akan diterima banyak orang. Selain itu semangat juangnya muncul ketika ayahnya tercinta terkena kanker sehingga dia harus menjadi tulang punggung keluarga.

Tokopedia akhirnya resmi berdiri pada tanggal 6 February 2009 dan di launching ke publik tepat pada hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2009. Bahkan Tokopedia mendapatkan penghargaan dari Bubu Awards sebagai e-commerce terbaik di Indonesia.

Sukses makin berlanjut bagi Tokopedia, sehingga pada tahun 2014 Tokopedia mendapatkan kucuran dana sebesar 100 juta dollar dari Softbank Internet yang juga menjadi pemodal Alibaba.com, Google, Apple dan Instagram. Selain dari Softbank Internet, investor lain juga menanamkan modal di Tokopedia.

Sampai saat ini, situs jual beli Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya bersama rekannya Leontinus Alpha Edison terus berkembang pesat. Tokopedia merupakan hasil kerja keras dan usaha pantang menyerah dari dua anak muda Indonesia yang tidak hanya berhasil membuat situs jual beli terkemuka dan terpercaya di Indonesia, namun juga turut memunculkan pebisnis-pebisnis baru di tanah air yang kebanyakan berasal dari anak muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar